Laman

LINGKUNGAN HIDUP IKAN BANDENG


Anatomi dalah ilmu yang mempelajari tentang bagian tubuh makhluk hidup. Anatomi ikan bandeng berarti lmu yang diterapkan untuk mengetahui tentang bagian-bagian tubuh ikan bandeng. Tujuan mempelajari anatomi bandeng adalah agar pembudidaya bisa membedakan jenis-jenis ikan bandeng.Ikan bandeng dapat dibedakan menjadi dua jenis: ikan bandeng biasa dan ikan bandeng seleh.
Ciri-ciri ikan bandeng biasa memiliki tubuh yang panjang,mata agak kecil, dengan kepala yang lonjong. Sementara,ikan bandeng seleh bertubuh agak pendek dan bermata lebar,dan bandeng seleh ini sulit dibesarkan.
Ikan bandeng memiliki sisik yang kecil-kecil dengan daging yang putih bersih. Dengan demikian , ikan bandeng juga disebut dengan "MILK FISH". Di alam bebas, ikan bandeng bisa mencapai  ukuran satu meter dengan berat lebih dari 18kg.
Ikan bandeng memerlukan temperatur atau suhu air optimul antara 15-40 derajatC. Apabila temperatur air kurang dari 15 derajat celcius ikan bandeng bisa stres dan ahirnya mati. Namun demikian ikan ini memiliki sifat euryhalien , artinya dapat mudah dan cepat beradaptasi ke daerah air payaw bahkan ia mampu melawan arus hingga ia mendapatkan air tawar. Sehingga tidak heran jika ikan bandeng mudah dijumpai di daerah rawa,sungai,maupun danau.
Ikan bandeng mempunyai kebiasaan makan pada siang hari di habitat aslinya ikan badneng mempunya kebiasaan mengambil makanan dari lapisan atas dasar laut,berupa tumbuhan mikroskopis seperti:plankton, udang renik,jasad renik,forminifera,famenbranchipoda,copepoda dan tanaman multiselular lainnya.
Ikan bandeng memiliki kebiasaan hidup berkelompok, dengan satu ekor yang dijadikan epmimpin. Pemimpin itu akan selalu berenang di depan gerombolannya.
Teknik panen bandeng yang paling gampang adalah dengan mengikuti kebiasaan hidupnya, yaitu apabila telah dewasa, ikan bandeng secara bekelompok akan berusaha meloloskan diri ke laut bersamaan dengan air pasang. Hal ini bukan disebabkan oleh perbedaan salinitas, akan tetapi disebabkan oleh adanya naluri untuk berupaya kembali ke laut setelah mencapai tingkat dewasa untuk berkembang biak. Jika air pasang, maka ikan-ikan baneng akan menuju pintu air dan berenang berjam-jam tidak menghiraukan keadaan sekelilingnya. Dalam kondisi ini ikan akan mabuk laut sehingga mudah ditangkap dengan tangan, teknik panen ini biasa disebut istilah nyerang. Cara panen lainya dengan menggunakan jaring,hapa atau kere. kelemahan teknik ini diantaranya ikan mudah rusak dan cacat sehingga berpengaruh terhadap kualitas ikan.





No comments:

Post a Comment