Laman

TIPS MEMPERTAHANKAN KESEGARAN IKAN BANDENG

Beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk kesegaran mutu ikan badeng, adalah sebagai berikut:
  1. Memperlambat terjadinya fase rigirmotis, dengan cara mengusahakan agar kandungan ATP dan Glikogen dalam tubuh ikan tetap tinggi, yaitu dengan mealakukan penanganan yang baik dan benar pada saat maupun setelah penagkapan ikan.
  2. Menghindari terjadinya proses autolisis ikan dengan cara blanching yaitu dengan cara dipanaskan dengan temperatur 60-80 derajat celcius selama kurang lebih 5 menit.. Di samping blanching dapat dilakukan pula dengan temperatur rendah 0 derajat celcius. Karena dengan temperatur rendah, maka aktivitas enzim bisa dikurangi. Penggunaan temperatur suhu rendah lebih menguntungkan dibandingkan perlakuan blanching , karena dengan cara suhu rendah ikan masih tetep segar.
  3. Lakukan penyiangan sesegera mungkin pada ikan segar, karena bakteri banyak terdapat pada pencernaan dan salurannya. Perlakukan ikan agar selalu berada pada rantai dingin (cold chain).
  4. Kurangi kontak ikan dengan udara bebas di seklilingnya, misalnya dengan menggunakan ruang hampa udara, pembungkus kedap udara, zat anti oksidan, dan menggunakan bahan tambahan pangan yang mengandung zat anti oksidan, untuk mengurangi oksidasi, yang dapat menyebabkan ikan menjadi tengik.

No comments:

Post a Comment